Kamis, 05 Mei 2011

Gambaran Umum KBIT Ibnu Abbas

KBIT Ibnu Abbas Usia dini merupakan ‘golden age’ dalam periode pertumbuhan dan perkembangan anak yang keberhasilannya sangat ditentukan oleh pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang anak yang mencakup gizi, kesehatan, pengasuhan dan pendidikan anak yang harus merupakan satu kesatuan intervensi yang utuh dan terpadu. Stimulasi dini yang dikemas dalam bentuk layanan pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting, mengingat 50% perkembangan kecerdasan anak terjadi pada rentang usia 0 – 6 tahun. Maka keberadaan sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat diperlukan, karena dari sanalah akan muncul sebuah model dan metode pendidikan yang baik dyang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

Sebagai bagian dari masyarakat, Yayasan Ibnu Abbas Kebumen terpanggil untuk memberikan kontribusinya terhadap pendidikan masyarakat khususnya untuk anak usia dini di Kabupaten Kebumen. Guna memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat Kebumen yang mayoritas muslim taat, Kelompok Bermain Islam Terpadu Ibnu Abbas Kebumen yang merupakan lembaga pendidikan anak usia dini dengan basis Islam didirikan tahun 1999. Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Ibnu Abbas Kebumen hadir dengan metode pembelajaran yang memadukan Kurikulum Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pesantren yang dikemas menjadi sebuah kegiatan menarik dan menyenangkan yang sekaligus mengasah semua sisi kecerdasan anak.

bermain dan belajar

Selanjutnya untuk mengoptimalkan waktu belajar dan menyediakan lingkungan belajar yang memadai, maka KBIT Ibnu Abbas memperpanjang waktu belajar yaitu mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB. Dengan waktu yang panjang anak didik akan diberikan materi pendidikan yang variatif dan pembiasaan akhlak islami, life skill, ibadah, sosialisasi dan perkembangan kemampuan dasar.

Meskipun pada awal pendirian KBIT Ibnu Abbas masuk ke dalam struktur TKIT Ibnu Abbas, namun untuk lebih mengefektifkan geraknya mulai tahun 2002, secara struktural tidak lagi berada di bawah TKIT Ibnu Abbas. Dan pada tahun 2003, KBIT Ibnu Abbas semakin dikukuhkan keberadaan dan kemandiriannya melalui SK dari Dinas P dan K Kabupaten Kebumen No. 421.1/1720 tertanggal 22 Oktober 2003.KBIT Ibnu Abbas merupakan salah satu dari generasi awal Kelompok Bermain di Kabupaten Kebumen. Selama 9 tahun ini, KBIT Ibnu Abbas telah mendidik sebanyak 233 anak didik usia 2 – 4 tahun, yang berasal dari semua kalangan masyarakat. Untuk masyarakat miskin, KBIT Ibnu Abbas membuka 1 kelas gratis yang pelaksanaanya terpisah dengan kelas reguler. Dengan harapan masyarakat miskin disekitar KBIT Ibnu Abbas merasakan layanan Pendidikan Anak Usia Dini bagi putra putri mereka secara optimal.

Semoga keberadaaan KBIT Ibnu Abbas turut memberi andil bagi peningkatan layanan Pendidikan Anak Usia Dini di Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Amiin.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha | Modified by paank fachrezi - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail