Senin, 02 Mei 2011

Pertemuan Orang tua, Murid, dan Guru (POMG)

KBIT Ibnu Abbas Kebumen adalah kelompok bermain yang berazaskan Islam dan menganut sistem keterpaduan, dimana nilai-nilai keislaman amat kental mewarnai kegiatannya dan senantiasa memadukan 3 aspek, yaitu Aspek Kurikulum (Diknas dan Pesantren), Aspek Tanggungjawab (Pendidik dan Orang tua) serta Aspek Kerjasama (Lembaga, Pemerintah dan Masyarakat).


pomg
Salah satu potret suasana POMG. POMG tidak hanya diselenggarakan di dalam ruangan, tetapi juga dapat dilaksanakan di luar ruangan.



Untuk aspek kurikulum senantiasa dibangun melalui kegiatan internal (Raker dan Pembekalan) maupun eksternal (Pelatihan, Magang dan Study Banding). Untuk aspek kerjasama didapatkan dari hubungan Kedinasan, HIMPAUDI dan Sosial Kemasyarakatan. Sedangkan untuk aspek tanggungjawab antara orang tua dan pendidik, dimulai saat pertama orang tua memasukkan putra/putrinya di KBIT Ibnu Abbas dengan mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan untuk saling mendukung dan bekerjasama sebagai wujud tanggungjawab pendidikan anak.
KBIT Ibnu Abbas sangat meyakini, bahwa proses pendidikan disini tidak akan berhasil baik tanpa adanya dukungan orang tua. Oleh karena itu KBIT Ibnu Abbas menyelenggarakan POMG.

Tujuan :
  1. Menjalin komunikasi efektif antara orang tua dan pendidik

  2. Membangun kerjasama dalm proses pendidikan anak

  3. Menyelesaikan permasalahan yang terjadi seputar pendidikan anak

Waktu Pelaksanaan
Kegiatan POMG dilaksanakan pada :
Waktu: Jum’at pekan terakhir (14.00 – 16.00 WIB)
Tempat: Bergilir (di rumah wali murid)
Materi : 1. Seputar pendidikan dan tumbuh kembang anak (dari Psikolog, Ahli Gizi, Dokter Umum, Dokter Gigi dan Pendidik)
2. Diskusi tentang permasalahan pendidikan anak
3. Laporan perkembangan pendidikan anak

Hasil
Beberapa hasil yang didapatkan dari pelaksanaan POMG adalah :
  1. Terjalin hubungan yang dekat antara pendidik dan orang tua, sehingga lebih mudah dalam memberikan informasi dan saling memberi masukan mengenai perkembangan anak didik.

  2. Kegiatan insidental mendapat dukungan dari orang tua, baik dana maupun kerja teknis (kepanitiaan) seperti kegiatan study tour, akhirussanah, bakti sosial maupun seminar.
Tindak Lanjut
Tindak Lanjut dari POMG :
Terjadi kesamaan visi misi pendidikan anak antara orang tua dan lembaga sehingga proses pendidikan anak selanjutnya dipercayakan, tetap kepada Yayasan Ibnu Abbas, baik di TKIT, SDIT, SMPIT, sehingga proses pendidikan terpadu dan berkesinambungan akan diperoleh anak.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha | Modified by paank fachrezi - Premium Blogger Themes | Free Samples By Mail